unable right click

Monday, January 07, 2008

DOA AWAL TAHUN

BACAAN PADA AWAL TAHUN BARU HIJRIAH

Dalam waktu satu tahun biasanya setiap orang mengalami berbagai macam corak kehidupan yang berbeda-beda. Ada yang merasa dalam satu tahun ini ia mengalami nasib mujur. Segalanya berjalan lancar, banyak rezqi yang datang dan semua usaha bisnisnya membawa keberuntungan. Kesihatan dan keluarga juga berjalan dengan baik. Tidak pernah mengalami sakit yang banyak mengeluarkan biaya, sedang dalam kekeluargaan berjalan dengan harmonis, tidak pernah terjadi percekcokan.

Sebaliknya bagi orang lain ada yang menganggap bahwa selama tahun ini ia merasakan sebagai tahun sial, tahun yang tidak membawa keberuntungan. Baik dalam bidang perdagangan, keluarga maupun kesihatan dan Iain-lain. Jadi dalam tahun ini ia merasa nasibnya kurang baik.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan perlulah bagi setiap orang islam memulai hidup baru dengan lembaran baru pula. Bagi mereka yang pada tahun ini bernasib mujur, biarlah kemujurannya bertambah-tambah yang dapat membawa berkah. Sedang bagi mereka yang mengalami nasib yang kurang mujur, biarlah nasibnya berubah yang bisa membawa kemujuran. Bertitik tolak dari itu semua, maka perlu sekali bagi setiap orang dalam menyongsong datangnya tahun baru Hijriyyah ber-do'a kepada Allah dengan membaca bacaan yang tertera di bawah ini sehabis salat maghrib pada tanggal 1 Muharram, iaitu :

Artinya :

"Dengan menyebut nama Allah yang pengasih lagi penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita nabi Muhammad saw. Keluarganya dan sahabatnya. Ya Allah, Engkau-lah yang abadi, dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah Mu yang Agung dan Kedermawananmu tempat - tempat bergantung. Ini tahun dari benar-benar telah menghadap (datang). Kami meminta kepada-mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami minta bantuan untuk mengalahkan hawa nafsu yang mengajak keburukan dan kami minta bantuan agar dapat sibuk dengan sesuatu yang dapat mendekatkan diri kepada-Mu, wahai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salamnya kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, keluar-ganya dan sahabatnya."


Bacalah do 'a awal tahun itu setiap tanggal 1 Mu-harram (tahun baru pada setelah selesai solat maghrib sebanyak 3 kali. InsyaAllah Allah akan memberikan perlindungan dan pertolongannya dari segala macam bencana dan godaan setan. Insya Allah dalam tahun itu akan terjadi perubahan yang membawa kebahagiaan dan ketentraman lahir batin. Allah akan mengutus dua malaikat yang selalu menyertainya agar tidak terjerumus ke dalam tipu daya setan dan nafsu angkara murka yang bisa membawa kepada kehancuran di dalam kehidupan.